terpercaya karena berpengalaman, terbaik karena mutu, kualitas dan pelayanan,pasang iklan disini hanya 50rb perbulan, hubungi andi riawan ': marhaban ya ramadahan

Klik Disini Untuk Motivasi Hidupmu dan Suksesmu ada Disini

Klik Disini Untuk Motivasi Hidupmu dan Suksesmu ada Disini
Sukses adalah Perjuangan Dalam Pencapaian Puncak Sukses Itu Sendiri www.andiriawankrisdianto.com

Selasa, 10 Agustus 2010

marhaban ya ramadahan


Seluruh umat Islam kini menyerukan 'Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ya Ramadhan", selamat datang Ramadhan, Selamat datang Ramadhan. Di masjid-masjid, musholla, koran-koran, stasiun televisi dan radio dan berbagai mailing list, ungkapan selamat datang Ramadhan tampil dengan berbagai ekpresi yang variatif.

Setiap media telah siap dengan dengan sederet agendanya masing-masing. Ada rasa gembira, ke-khusyu'-an, harapan, semangat dan nuansa spiritualitas lainnya yang sarat makna untuk diekpresikan. Itulah Ramadhan, bulan yang tahun lalu kita lepas kepergiannya dengan linangan air mata, kini datang kembali.

Sejumlah nilai-nilai dan hikmah-hikmah yang terkandung dalam ibadah puasa pun marak dikaji dan kembangkan. Ada nilai sosial, perdamaian, kemanusiaan, semangat gotong royong, solidaritas, kebersamaan, persahabatan dan semangat prularisme. Ada pula manfaat lahiriah seperti: pemulihan kesehatan (terutama perncernaan dan metabolisme), peningkatan intelektual, kemesraan dan keharmonisan keluarga, kasih sayang, pengelolaan hawa nafsu dan penyempurnaan nilai kepribadian lainnya. Ada lagi aspek spiritualitas: puasa untuk peningkatan kecerdasan spiritual, ketaqwaan dan penjernihan hati nurani dalam berdialog dengan al-Khaliq. Semuanya adalah nilai-nilai positif yang terkandung dalam puasa yang selayaknya tidak hanya kita pahami sebagai wacana yang memenuhi intelektualitas kita, namun menuntut implementasi dan penghayatan dalam setiap aspek kehidupan kita.

Yang juga penting dalam menyambut bulan Ramadhan tentunya adalah bagaimana kita merancang langkah strategis dalam mengisinya agar mampu memproduksi nilai-nilai positif dan hikmah yang dikandungnya. Jadi, bukan hanya melulu mikir menu untuk berbuka puasa dan sahur saja. Namun, kita sangat perlu menyusun menu rohani dan ibadah kita. Kalau direnungkan, menu buka dan sahur bahkan sering lebih istemawa (baca: mewah) dibanding dengan makanan keseharian kita. Tentunya, kita harus menyusun menu ibadah di bulan suci ini dengan kualitas yang lebih baik dan daripada hari-hari biasa. Dengan begitu kita benar-benar dapat merayakan kegemilangan bulan kemenangan ini dengan lebih mumpuni.

Ramadhan adalah bulan penyemangat. Bulan yang mengisi kembali baterai jiwa setiap muslim. Ramadhan sebagai 'Shahrul Ibadah' harus kita maknai dengan semangat pengamalan ibadah yang sempurna. Ramadhan sebagai 'Shahrul Fath' (bulan kemenangan) harus kita maknai dengan memenangkan kebaikan atas segala keburukan. Ramadhan sebagai "Shahrul Huda" (bulan petunjuk) harus kita implementasikan dengan semangat mengajak kepada jalan yang benar, kepada ajaran Al-Qur'an dan ajaran Nabi Muhammad Saw. Ramadhan sebagai "Shahrus-Salam" harus kita maknai dengan mempromosikan perdamaian dan keteduhan. Ramadhan sebagai 'Shahrul-Jihad" (bulan perjuangan) harus kita realisasikan dengan perjuangan menentang kedzaliman dan ketidakadilan di muka bumi ini. Ramadhan sebagai "Shahrul Maghfirah" harus kita hiasi dengan meminta dan memberiakan ampunan.

Dengan mempersiapkan dan memprogram aktifitas kita selama bulan Ramadhan ini, insya Allah akan menghasilkan kebahagiaan. Kebahagiaan akan terasa istimewa manakala melalui perjuangan dan jerih payah. Semakin berat dan serius usaha kita meraih kabahagiaan, maka semakin nikmat kebahagiaan itu kita rasakan. Itulah yang dijelaskan dalam sebuah hadist Nabi bahwa orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan.

Pertama yaitu kebahagiaan ketika ia "Ifthar" (berbuka). Ini artinya kebahagiaan yang duniawi, yang didapatkannya ketika terpenuhinya keinginan dan kebutuhan jasmani yang sebelumnya telah dikekangnya, maupun kabahagiaan rohani karena terobatinya kehausan sipritualitas dengan siraman-siraman ritualnya dan amal sholehnya.

Kedua, adalah kebahagiaan ketika bertemu dengan Tuhannya. Inilah kebahagian ukhrawi yang didapatkannya pada saat pertemuannya yang hakiki dengan al-Khaliq. Kebahagiaan yang merupakan puncak dari setiap kebahagiaan yang ada.

Akhirnya, hikmah-hikmah puasa dan keutamaan-keutaman Ramadhan di atas, dapat kita jadikan media untuk bermuhasabah dan menilai kualitas puasa kita. Hikmah-hikmah puasa dan Ramadhan yang sedemikian banyak dan mutidimensional, mengartikan bahwa ibadah puasa juga multidimensional. Begitu banyak aspek-aspek ibadah puasa yang harus diamalkan agar puasa kita benar-benar berkualitas dan mampu menghasilkan nilai-nilai positif yang dikandungnya. Seorang ulama sufi berkata "Puasa yang paling ringan adalah meninggalkan makan dan minum". Ini berarti di sana masih banyak puasa-puasa yang tidak sekedar beroleh dengan jalan makan dan minum selama sehari penuh, melainkan 'puasa' lain yang bersifat batiniah.

Semoga dengan mempersiapkan diri kita secara baik dan merencanakan aktifitas dan ibadah-ibadah dengan ihlas, serta berniat "liwajhillah wa limardlatillah", karena Allah dan karena mencari ridha Allah, kita mendapatkan kedua kebahagiaan tersebut, yaitu "sa'adatud-daarain" kebahagiaan dunia dan akherat. Semoga kita bisa mengisi Ramadhan tidak hanya dengan kuantitas harinya, namun lebih dari pada itu kita juga memperhatikan kualitas puasa kita.

0 komentar:

Flash Violet Peduli Nilai-nilai Luhur Pancasila

Beritane Wong Banyumas

Bupati Banyumas, Drs. Mardjoko, MM melaksanakan panen padi sawah program Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) di Kelompok Tani ”Sumber Rejeki” Desa Kebasen Kecamatan Kebasen, Selasa (12/4) kemarin. Pelaksanaan panen padi ini dalam rangka penutupan kegiatan SLPTT yang telah dilaksanakan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Dinpertanbunhut) Kabupaten Banyumas bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Kebasen Kecamatan Kebasen.

SIM-DIK,SIM-RS,SIM-AKUNTANSI BERBASIS WEB

konsultasi,demo dan pemesanan hubungi andi riawan , juragansopwer SIM-RS – Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit SIMDIK – Sistem Informasi Manajemen Pendidikan SMA/SMK SIMDIK – Sistem Informasi Manajemen Pendidikan SMP SIM-NILAI – Sistem Penilaian Online SIM-KUN – Sistem Akutansi Penjualan Online SIMPUS – Sistem Informasi Manajemen Kampus KARTU INSTAN PLUS BARCODE silahkan hubungi andi riawan

DAPATKAN SEBUAH MOBIL HONDA JAZZ HANYA DENGAN HARGA Rp 100.000,-

DENGAN UANG MUKA Rp. 100,000 dan cicilan berupa USAHA YANG TERUS MENERUS selama (misalnya) 14 hari/14 minggu/14 bulan, anda AKAN BISA MELUNASI MOBIL IMPIAN ANDA, SEBUAH HONDA JAZZ, suatu harga yang PANTAS dan CUKUP LAYAK UNTUK DIPERJUANGKAN

Bandingkan dengan cara konvensional dibawah ini,

Anda harus menyediakan Uang muka Rp. 60,000,000 dengan cicilan selama 36 bulan sebesar Rp. 5,000,000 per-bulan. Kenyataanya, untuk medapatkan Rp. 5,000,000 tiap bulan anda harus kerja lebih dari 10 jam dari pagi sampai malam, 5 hari seminggu.

Pilihan ada ditangan anda, keduanya punya resiko masing-masing..

Segeralah kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut :


KLIK DI BAWAH INI ----->>>>
http://www.hondajazzonline.com/?id=GC1001709

PT. TVS COMPANY INTERNASIONAL

TVS APACHE RTR DD Double Diskbrake, menempuh 60 km/jam dalam 4,8 detik Harga Rp 18.800.000 ,- informasi kredit hubungi andi riawan

klik disini untuk melihat jenis dan model motor TVS yang lain

TVS dengan standarisasi internasional, bergaransi mesin 5 tahun

DISINI JUAL PULSA ALL OPERATOR

xl,mentari,im3,simpati,halo,as,axis,smart,fren,flexy,esia,ceria, lytogame,gamescool,cabal,voucher PLN, dan lain-lain hubungi : andi

Tukarkan Point Flash Violet Anda Disini

--->> 10 point gratis internet 1 jam
--->> 200 point gratis kursus power point, 300 gratis kursus word, 400 point gratis kursus html kode web blog, 500 point gratis kursus pembuatan website ttd : flashviolet management

Flash-Violet Internet Cafe, silahkan klik link dibawah ini sesuai keinginan anda

sebelum berinternet klik disini baca sopan-santun dan aturan dalam berinternet, atau klik disini untuk mengetahui penyaringan konten negatif dan SARA untuk anak kecil di FLASH*_*VIOLET

buat anak sekolah dari SD,SMP,SMA,sampai anak kuliahan yang mau belajar apapun tinggal klik disini lalu isikan materi yang akan dipelajari

kamus online klik disini

mau cari segala informasi di Google klik disini

mau maen Games seru di games.co.id klik disini

mau maen Games seru di gameskeren klik disini

mau maen Games seru di shockwave klik disini

mau facebookan klik disini

mau bikin email yahoo klik disini, plasa klik disini, gmail klik disini

mau yahoo messengeran klik disini

mau plurkging klik disini

mau maen koprol klik disini

mau maen friendster klik disini

mau maen twitter klik disini

situs pengunggah 4shared.com klik disini

situs kaskus indonesia media dagang klik disini

mau ikut berkreatifitas bareng "SEMUT ABANG FLASH*_*VIOLET movie club" klik disini
Template by : kendhin x-template.blogspot.com